Gotong Royong Penyambutan Kunjungan Gubernur Kepulauan Riau ke Desa Duara, Kecamatan Lingga Utara : Dalam Rangka Peresmian Lapangan Volly Megat Rambai

Gubernur Kepulauan Riau melakukan kunjungan kerja di kelurahan Pancur yang di jadwalkan  pada tanggal 20 Oktober 2023. Hal ini tentu saja menjadi perhatian penting dari perangkat desa, sehingga bapak Kepala Desa yaitu bapak Azhar berinisiatif mengajak seluruh masyarkat desa Duara dan Mahasiswa KKN untuk sama-ama bergotong royong dalam rangka penyambutan kunungan bapak Gubernur Kepulauan Riau.

Gotong royong adalah sebuah konsep yang sudah lama ada dalam budaya Indonesia. Konsep ini mengajarkan kita untuk saling bekerja sama dan membantu satu sama lain dalam mencapai tujuan bersama. Di Indonesia, gotong royong sering kali dilakukan dalam berbagai kegiatan masyarakat, seperti membersihkan lingkungan, membangun rumah bersama, atau mengadakan acara keagamaan. Namun, kali ini kita akan membahas gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) dalam rangka penyambutan kunjungan Gubernur.

Pentingnya Gotong Royong dalam Kegiatan Mahasiswa KKN Ketika mahasiswa mengikuti program KKN, mereka ditempatkan di desa atau daerah tertentu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah gotong royong. Melalui kegiatan gotong royong, mahasiswa KKN dapat membantu masyarakat dalam berbagai hal. Mereka bisa membersihkan lingkungan, membantu membangun infrastruktur yang dibutuhkan, atau mengadakan kegiatan sosial seperti bakti sosial atau donor darah. Dengan gotong royong ini, mahasiswa KKN dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Melalui gotong royong, mahasiswa KKN dapat mengembangkan rasa peduli terhadap masyarakat sekitar. Mereka dapat melihat langsung kondisi masyarakat dan merasakan tantangan yang mereka hadapi. Dengan begitu, mahasiswa KKN akan lebih memahami pentingnya membantu sesama dan berkontribusi dalam membangun masyarakat. Gotong royong juga dapat membantu memperkuat hubungan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat. Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN dapat bekerja bersama dengan masyarakat dalam mencapai tujuan yang sama. Hal ini akan mempererat ikatan antara mereka dan menciptakan rasa kebersamaan yang kuat.

Dalam melaksanakan gotong royong ada beberapa kegiatan yang di kerjakan oleh maahsiswa bersama dengan pemuda dan masyarakat setempat diantaranya yaitu melakukan pembersihan lingkungan desa, seperti membersihkan jalan, lapangan, membersihkan sampah, memperbaiki fasilitas yang rusak, atau menata taman desa agar tampak lebih indah. Selain itu, mahasiswa KKN juga membantu dalam pelayanan masyarakat selama kunjungan Gubernur. Mereka dapat membantu masyarakat dalam mengarahkan tamu, memberikan informasi, atau mengatur lalu lintas. Dengan gotong royong ini, mahasiswa KKN dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga keamanan dan kelancaran acara.

Mahasiswa KKN tidak hanya memberikan kontribusi dalam persiapan acara saja, namun juga berpatisipasi dalam mensukseskan acara tersebut sekaligus dapat bersilaturahmi bersama dengan bapak Gubernur haji Ansar Ahmad. Kami Mahasiswa KKN berkesempatan berfoto bersama bapak Gubernur dan beliau juga memberikan kami sedikit uang pembinaan yaitu sebanyak 900 ribu Rupiah yang kami manfaatkan untuk kebutuhan program-program KKN yang lainnya.

Loading