Mahasiswa KKN Kelurahan Tanjung Uban Timur Sosialisasikan Pembuatan Pupuk PSB untuk Peningkatan Pertanian Lokal

Pada tanggal 2 November 2023, mahasiswa KKN Kelurahan Tanjung Uban Timur secara aktif menggelar program sosialisasi pembuatan pupuk PSB di Balai Pertemuan Kelurahan. Acara yang dihadiri oleh Ibu-ibu PKK kelurahan ini menjadi langkah nyata dalam mendukung pertanian organik di wilayah tersebut.

Dalam kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis tersebut, mahasiswa tidak hanya menyampaikan teori, tetapi juga memberikan demonstrasi langsung tentang proses pembuatan pupuk PSB. Kehadiran Ibu-ibu PKK memberikan dinamika positif, dengan partisipasi aktif dan antusiasme dalam memahami konsep pupuk organik yang ramah lingkungan.

Dalam kata sambutannya, Ibu Lis Suadi , Ketua PKK Kelurahan Tanjung Uban Timur, menyampaikan apresiasi atas inisiatif mahasiswa KKN dalam memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pertanian organik. “Kami berterima kasih kepada mahasiswa yang telah membagikan pengetahuan ini kepada kami. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya.

“Kami berharap, dengan memperkenalkan pembuatan pupuk PSB, dapat membantu meningkatkan kualitas tanah dan hasil pertanian di Kelurahan Tanjung Uban Timur,” ujar Irfan , Ketua Kelompok KKN. Beliau menambahkan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberdayakan masyarakat setempat untuk memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Selain penyampaian teori dan demonstrasi, terdapat sesi tanya jawab yang memperkaya interaksi antara mahasiswa dan peserta kegiatan. Hal ini menunjukkan komitmen kelompok KKN dalam berbagi pengetahuan dan membangun kemitraan yang berkelanjutan dengan masyarakat.

Mahasiswa KKN berbagi Ilmu Terkait Sosialisasi Pupuk PSB

Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi pertanian lokal, sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya penggunaan pupuk organik. Kelurahan Tanjung Uban Timur kini memiliki sumber daya baru untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan pertanian di wilayah mereka.

Terkait hal ini, serly sebagai ┬ánarasumber,menekankan pentingnya kerjasama antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam membangun keberlanjutan lingkungan. “Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam dengan bijak,” tambahnya.

Diharapkan keberhasilan program ini menjadi inspirasi bagi inisiatif serupa di berbagai daerah, menciptakan ripple effect positif untuk pertanian berkelanjutan di seluruh negeri.

Loading