Lakukan Metode Pembelajaran Dengan Konsep Belajar Sambil Bermain, Mahasiswa KKN Kelompok Lingga 2 Kunjungi SDN 008 Lingga Utara
Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu- Mahasiswa KKN Kelompok Lingga 2 STAIN Sultan Abdurrahman melakukan program mengajar di SD Negeri 008 Lingga Utara sebagai sarana mengenal lingkungan sekolah juga sebagai sarana berbagi ilmu antar mahasiswa, siswa dan guru di desa ini. (29/09/2023)
Kegiatan KKN Mengajar merupakan kegiatan balajar mengajar, dengan konsep belajar sambil bermain berbasis kelas di SD Negeri 008 Lingga Utara. Pada kegiatan ini mahasiswa KKN membantu memberikan materi pada peserta didik melalui permainan yang dilakukan di dalam kelas, dengan pengkondisian siswa bebas mengekspresikan diri sesuai kemampuan yang dimiliki. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih dekat antara guru dengan siswa dan juga secara tidak langsung mengajarkan bahwa semua orang itu setara. Materi yang dipilih meliputi penanaman jiwa nasionalisme dan juga keterampilan untuk mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi. Sasaran yang dituju adalah siswa kelas 1 hingga kelas 5 SD secara bersamaan dalam satu waktu yang mana mahasiswa KKN dibagi menjadi satu kelas 2 mahasiswa.
Kegiatan ini memberikan edukasi berupa penanaman nilai sikap dari Pancasila dan juga penanaman nilai moral yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, dalam pembelajaran keterampilan peserta didik untuk mengasah kreatifitasnya, mengingat bahwa anak SD masih memiliki daya kreasi yang tinggi sehingga jika mereka dilatih dengan baik maka tingkat kreatifitas mereka pun juga akan semakin baik. Salah satu keterampilan yang ada di SD adalah menggambar dan mewarnai biasanya untuk melatih daya imajinasi dan kreativitas mereka.
Disamping membantu penjelasan materi pembelajaran, tim KKN Kelompok Lingga 2 juga mengajak siswa-siswi SD Negeri 008 Lingga Utara ini untuk bermain seusai merampungkan pembelajaran. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotik mereka. Misalnya permainan tebak nama benda dalam bahasa inggris dan permainan edukasi lainnya.
Mahasiswa KKN Kelompok Lingga 2 STAIN Sultan Abdurrahman mendapat sambutan baik dari kepala sekolah, guru dan siswa dilihat dari respon yang diberikan sangat aktif. Selain itu, guru juga mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa KKN Kelompok Lingga 2 STAIN Sultan Abdurrahman desa Sungai Besar. Program kegiatan ini berdampak pada semakin dekatnya mahasiswa dengan siswa-siswi SD sekitar dan juga menambah pengalaman langsung di lingkungan, yang pasti akan dialami mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan.