Misteri Satu Nisan Ditengah Makam Suku Bugis Kampung Madong Menarik Perhatian

Suku Bugis adalah salah satu suku yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kelompok etnis ini merupakan suku terbesar selain Suku Makassar, Mandar dan Toraja. Di Sulawesi Selatan, Suku Bugis mendiami wilayah Kabupaten Bone, Soppeng, Wajo, Sidrap, Pinrang, Pare-pare, Barru, Sinjai hingga Bulukumba.

Suku Bugis ialah suku yang tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu. Masuk ke Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan Asia tepatnya Yunan.

Suku bugis memiliki panggilan untuk keturunan raja, salah satunya adalah Daeng. Di Kampung Madong banyak sekali para leluhur yang berasal dari suku Bugis.

Uniknya, makam suku Bugis di Kampung Madong berbeda dengan suku lainnya. Dikarenakan untuk penempatan nisannya berada di tengah-tengah dan hanya 1 tiang nisan saja.

“Yang makam dengan nisan 1 ditengah itu adalah makam orang-orang suku bugis, jadi kalau kalian melihat kuburan dengan nisan seperti itu disini berarti itu makam orang suku bugis., Ujar salah satu warga.

Konon, warga mengatakan alasan ditempatkannya nisan 1 ditengah-tengah tersebut, karena pada awalnya nisan dipasang 2 atas bawah, namun selalu patah salah satunya. Oleh sebab itulah masyarakat suku bugis menempatkan nisan hanya dengan 1 tiang dan posisinya di tengah-tengah gundukan makam.

Fenomena unik ini pun menyita perhatian mahasiswa STAIN SAR KEPRI, karena hanya di Kampung Madong lah terdapat makam suku Bugis dengan 1 tiang nisan dan berada ditengah-tengahnya.

Penulis : KKN Madong

Loading