Rewang Acara Unduh Mantu

Pada kebiasaan masyarakat Jawa ngunduh mantu adalah perspektif budaya jawa yang mengacu pada ranhgkaian upacara pernikahan adat jawa. Biasanya acara ini diselenggarakan setelah selesai acara resepsi pernikahan di lingkungan tempat tinggal pengantin Wanita. secara harfiah Unduh Mantu berarti memetik/mengambil menantu. Dalam acara ini pengantin bersama dengan keluarga dan tetangga mempela iwanita akan berkunjung ke rumah mempelai laki-laki. Sesampainya disana, para pengantin akan sungkem kepada Orang Tua mempelai laki-laki sebagai bentuk penghormatan. Setelah itu, pengantin akan ditempatkan di pelamian.

Masyarakat desa bawang terdiri dari berbagai suku salah satunya yang paling mendominasi adalah suku jawa sehingga kultur budaya yang masih sering digunakan agak berbeda dari adat budaya orang lampung asli. Adapun pada saat kami sampai dilokasi KKN sedang berlangsung persiapan untuk acara tersebut, yang mana acara ini digelar pada hari minggu 23 juli 2023 di kediaman bapak dedek suryana dan ibu sartini selaku yang empunya hajat tersebut. Acara digelar selama satu hari mulai dari pagi hari hingga malam hari dan persiapn dilakukan selama dua hari. Pada acara-acara seperti ini kebiasaan yang sudah melekat pada masyarakat adalah gotong royong saling membantu untuk mempersiapkan acara tersebut. Dimulai dari persiapan pembentukan panitia, membeli bahan-bahan masakan hingga memasak dan membangun tenda semua dilakukan oleh masyarakat secara terstruktur dengan membentuk tim kepanitiaan. Hal ini dilakukan supaya pekerjaan yang banyak dapat dilakukan dan di siapkan dengan waktu yang singkat dan meringankan beban kerja jika dilakukan dengan terstruktur.

Turut serta dalam memeriahkan acara tersebut mahasiswa KKN kelompok 50 ikut menjadi pengisi acara yaitu menjadi pemandu acara, pembacaan walimatul ursy, dan menjaga hidangan. Tersedia berbagai macam hidangan mulai dari makanan berat hingga cemilan tersedia untuk semua tamu undangan yang hadir. Turut dihadiri oleh Bapak Kadus, RT, keluarga dari masing-masing mempelai, masyarakat setempat, tamu undangan, dan seluruh mahasiswa KKN kelompok 50.

Seusai acara tersebut seluruh peserta KKN kelompok 50 melakukan survei ke lokasi wisata pantai pasir putih, sembari melihat kondisi pantai tersebut kami juga menikmati bermain dan berswafoto.

Loading